Tutorial

Mengembalikan tampilan Libreoffice writer

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam hangat untuk semuanya.

Beberapa waktu yang lalu saya mencoba fitur terbaru di Libreoffice 5.3. Terutama pada fitur tampilannya yang dapat dibuat mirip dengan kompetitornya. Saya mencoba dengan memilih tampilan Notebookbar. Setelah saya mencobanya, saya ingin mengembalikan ke tampilan bawaannya. Tapi, ternyata saya bingung bagaimana caranya karena tidak ada menu bar yang bisa saya klak-klik.

tampilan-ui-lw-ubah

Setelah berusaha mencari jawabannya akhirnya ketemu caranya. Saya menggunakan GNOME-shell untuk lingkungan desktop saya. Silahkan sesuaikan dengan DE masing-masing.

  1. Pilih dan klik menu preferencesmenu-preferences-lw
  2. Pilih advance -> Open Expert Configuration seperti pada gambarmenu-advance-lw
  3.  Pada menu Expert Configuration pilih org.openoffice.Office.UI.ToolbarMode -> Applications -> writer -> org.openoffice.Office.UI.ToolbarMode:Application[‘Writer’].  Klik 2 kali pada menu terakhir sehingga pop-up window (jendela dialog) value tampil. Kemudian ganti Value: Notebook menjadi Default kemudian klik tombol OK begitu juga dengan menu Expert Configuration tekan tombol OK lagi. Seperti pada gambar: menu-expert-config-lw   menu-ubah-valuemenu-setelah-default
  4. Setelah itu uncheck (lepas centang) pada menu Advanced -> Optional Features -> Enable experimental feature (mau be unstable) seperti pada gambar: menu-sebelum-uncekmenu-setelah-uncekKlik tombol OK.

Libreoffice akan menampilkan jendela dialog untuk Restart Now atau Restart Later. Pilih Restart Now, Libreoffice akan memulai kembali dengan pengaturan terakhir yang sudah Anda lakukan.

Viola!defaultAlhamdulillah. Hoorraaayy!!!

Mohon kritik dan saran teman-teman sekalian dan sekali lagi mohon maaf atas segala kekurangan.

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *